Senin, 20 Februari 2012

propil try out SMPN Satap 1 Karangnunggal

Siswa kelas IX sedang melaksanakan Try Out di SMP Negeri Satu Atap 1 Karangnunggal  



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur mari kami panjatkan kehadirat Alloh SWT bahwa berkat karunia dan rahmat-Nya penyusun dapat menyelesaikan buku Program Try Out Tahun Pelajaran 2011/2012.
Sebagai manusia biasa Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan Progran  Try Out Tahun Pelajaran 2011/2012 ini banyak kekurangan, jauh dari sempurna baik dari bahasa maupun sistematika penyusunannya.
Namun sekalipun demikian dengan terselesaikannya  Program Kerja ini berkeyakinan dan berharap dijadikan suatu acuan dalam melaksanakan kegiatan Try Out Tahun Pelajaran 2011/ 2012  ini.
Pada kesempatan ini pula, Penyusun menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terkait dalam memberikan bantuan dan dukungannya baik moril maupun materil sehingga segala hambatannya dapat diatasi.
Akhirnya Penyusun berharap adanya saran dan kritik yang bersifat membangun demi peningkatan dimasa mendatang.









Karangnunggal,    Februari 2012

                                          
           
                                                        Penyusun





BAB I
PENDAHULUAN

A. PENGERTIAN DAN LATAR BELAKANG

Program Try Out adalah rencana pelaksanaan kegiatan yang berdasarkan atas pertimbangan efektivitas dan efesiensi kerja yang menyangkut teknis pelaksanaan maupun pencapaian tujuan .  Try Out  merupakan salah satu momen latihan Ujian Nasional. Agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka diperlukan acuan baku yang menjadi pegangan penilaian keberhasilan siswa selama mengikuti pelajaran di sekolah. Program kerja Try Out ini menjadi pedoman pelaksanaan proses penilaian akhir.
Try Out merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap sebelum Menjelang Ujian Nasional  sebagai kegiatan edukatif dalam menentukan tingkat prestasi siswa. Sejauhmana keberhasilan proses belajar mengajar dalam kurun waktu tiga tahun akan terlihat dalam hasil akhir ujian nanti. Oleh karena itu pelaksanaannya harus sistematis, well-planned (terencana), measurable, reliable dan objektif. Untuk mencapai sasaran yang diharapkan, maka penyusunan program kerja menjadi suatu kewajiban , agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan efektif dan efisien. 
B. LANDASAN HUKUM
1.    Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.    Peraturan Pemerintah  No. 19 Tahun 2005, tentang Setandar Nasional Pendidikan;
3.    Permendiknas No, 22  tahun 2006 ,tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah ;
4.    Permendiknas No 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
5.    Peraturan Pemerintah  No. 19 tahun 1997 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
6.    Permendiknas No. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan ;
7.    Permendiknas No, 41  tahun 2007, tentang Setandar Proses ;
8.    musyawarah kepala sekolah SMP –MKKS SMP Kabupaten Tasikmalaya   No 010/MKKSSMP/2012 tentang try OutUjian Nasional 
9.    Keputusan Kepala Sekolah nomor : 800/136/SMPN SATAP 1/KRN/ 2012  tentang
10.     pelaksanaan Try Out tahun pelajaran 2011/2012.
C. TUJUAN UMUM DAN TUJUAN KHUSUS 
  1. Tujuan Umum
a.1 Untuk mengetahui sejauh mana proses belajar mengajar berdasarkan KTSP, Buku, Alat Pelajaran dan alat peraga yang ditetapkan
a.2 Untuk mengetahui sejauh mana tujuan kurikulum KTSP yang telah dicapai

1
b.    Tujuan Khusus
b.1 Untuk menerapkan nilai prestasi setiap siswa yang dicantumkan pada buku raport.
b.2 Untuk mengevaluasi keberhasilan siswa sebelum Ujian Akhir Nasional.
b.3 Untuk melaporkan hasil prestasi siswa kepada Dinas terkait dan orang tua siswa.
D. SASARAN
Sasaran Try Out adalah siswa kelas IX Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 43 orang  dengan pembagian ruangan dibentuk menjadi 3 ruangan yaitu :

Ruang 1
Ruang 2
Ruang 3
Jumlah
20 orang
20 orang
3 orang
43 orang



E.        SISTEMATIKA
Untuk memudahkan mendapat gambaran secar menyeluruh mengenai isi program  ini secara sistimatkanya disusun sebagi berikut :
1.     PENDAHULUAN
Dalam penyusaunan menguraikan pengertian dan latar belakang, landasan hukum . tujuan umum dan tujuan khusus, sasaran, dan  sistematika
2.     PENGORGANISASIAN
pada bagian ini penyusun  menguraikan organigram susunan panitia dan rincian tugas tersebut ,kami tetapkan pada bab II

3.     JADWAL KEGIATAN
bagian ini berisikan jadwal pelaksanaan kegiatan  yang memuat jenis kegiatan , pelaksanaan , penggung jawab dan sasaran.
4.     PEMBIAYAAN
Mengenai pembiayaan yang dibahas hanyalah mengenai sumber biaya dan rencan anggaran
5.     PENUTUP
Bagian ini  Menguraikan kesimpilan dan sasaran dari program ini dan merupakan bab terakhir.






A.       SUSUNAN PANITIA
a.    Penanggung jawab                         : Aos Amirulloh Gaos, S.Pd
b.    Ketua Pelaksana                             : Karolin Sarmiati S.Pd
c.    Sekretaris                                          : Yudi Aziz Muslim
d.    Bendahara                                        : Rinrin Mariana Sopyan S.Pd
e.    Anggota                                             : - Ediana
-     Titim Patimah
            Pengawas
No
No.Kode
Nama Nip/Nuptk
Pangkat
/
Golongan
Jabatan
Dalam Dinas
Jabatan
Dalam Panitia
Tempat
Mengawas
1
26-047-015
Yadi Didi Mulyadi, S,Pd
Nuptk 6443764666200020
-
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn
2
26-047-014
Taupik Risnandar S.Pd
Nuptk 5454765667200003
-
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn
3
26-047-003
Daryan , S.Ag
Nuptk 1352 7476 4520 0003
-
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn
4
26-047-018
Ai Irma Akmalia,S,Pd
Nuptk 6858765666300032
-
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn
5
26-047-005
Agus Budianto
Nuptk 4133 7656 6720 0003
-
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn
6
26-047-008
Waryo,S.Pd
Nip 196104121986031014
-
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn
7
26-047-010
Nur Misbah
Nuptk.
-           
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn
8
26-047-009
Fitra Nurdani S.Pd
Nuptk
-
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn
9
26-047-006
Yanto Herliyanto S.Pd
Nuptk
-
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn
10
26-047-017
Fitri Heryani  Amd
Nuptk
-
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn
11
26-047-012
Tri Yuli Havytin  S.pd
Nuptk
-
Guru
Pengawas Ruang
SMPN Satap 1 Krn







C   PERINCIAN TUGAS
Perincian tugas dalam melaksanakan Try out   disusun sebagai pedoman pelaksanaan kerja para petugas penyelenggara Try Out, sehingga diperoleh gerak dan langkah dalam melaksanakan tugasnya.
Adapun rincian tugas kepanitiaan  Try Out di SMP Negeri Satu Atap 1 Karangnunggal Sebagai berikut :
1.     Penanggung jawab ( Kepala Sekolah)
1.1.Bertanggung jawab sepenuhnya atas pelaksanaan Try Out baik  kedalam maupun keluar.
1.2.Mengarahkan dan membimbing pelaksanaan kegiatan para petugas yang telah di tugaskan
2.    Ketua
      2.1. mengkoordinir seluruh rangkaian kegiatan Try Out
      2.2. Menyusun program Kerja
      2.3. Mempertanggungjawabkan seluruh rangkaian kegiatan Try Out
      2.4. Melaporkan hasil kegiatan Try Out

3. Sekretaris
 3.1. Bersama ketua menyusun Program kerja
 3.2. Menghimpun dan menginventarisir perlengkapan administrasi Try Out
 3.3. Menyusun laporan perlengkapan pelaksanaan Ulangan Try Out

4. Bendahara
            4.1.   Menghimpun dan mendistribusikan penggunaan uang             
             4.2. Menyiapkan keperluan sarana administrasi segala perlengkapan administrasi penyelenggaraan
            4.3. Menyiapkan dan menyusun bahan laporan 
            4.4. Menyusun dan melaporkan penggunaan keuangan  Try Out                  
5. Anggota
             5.1 Menyiapkan  Adminintrasi, kartu soal kepada guru penyusun naskah soal
            5.2. Menelaah/merevisi naskah sebelum atau sesudah masuk tikerai
            5.3. Penanggungjawab soal
            5.4. Menyiapkan soal dan pengamanan soal .
5.5. Mendistribusikan amplop soal kepada para pengawas
5.6.Menampung hasil pekerjaan peserta dari para pengawas dan mendistribusikan lagi kepada pemeriksa
5.7. Menyiapkan absen pengwas dan panitia
5.8. Mendistribusikan bahan pemeriksaan kepada pemeriksa

5

6. Pegawas
6.1. Melaksanakan pengawasaan terhadap peserta sesuai jadwal yang telah ditentukan
6.2. Menjaga ketertiban selama Try Out
6.3. Memberi jawaban atas pertanyaan perserta apabila terjadi hal yang  kurang jelas
6.4. Mengisi semua admnistrasi yang diperlukan selama pengawasaan
7. Pemeriksa
7.1. melakukan pemeriksaan hasil pekerjaan peserta sesuai dengan  bidang masing-masing
7.2. melakukan pengolahan nilai secara keseluruhan untuk menentukan nilai akhir
7.3. melaporkan nilai yang sudah jadi kepada penanggungjawab nilai  yang selanjutnya dilaporkan kepada panitia Try Out
8.  Penanggung Jawab Nilai
8.1. Menampung nilai dari pemeriksa
8.2. Mengelola dan Menyusun laporan nilai rata rata
8.4. Mendistribusikan nilai rata-rata
8.5. Melaporkan hasil rata rata nilai hasil Try Out  kepada kepala sekolah

9.  Penanggung Jawab Tempat
9.1. Mengatur pembagian ruangan
9.2. Penulisan nomor peserta pada denah ruangan  tempat duduk
9.3  Menulis nomor peserta dan ruang
9.4. Mengatur meja dan kursi
9.5. Mengatur ruang POKJA
9.6. Membuat denah tempat penyelenggaraan Try Out




 D.   PESERTA Try Out
Peserta Try Out tahun pelajaran 2011/2012 adalah siswa-siswi kelas  IX, SMP Negeri Satu Atap 1 Karangnunggal  Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang dengan pembagian ruang sebagai berikut

Ruang I
Kelas
Laki –laki
Perempuan
Jumlah
Ket
IX
14
6
20 Orang
-



Ruang II
Kelas
Laki –laki
Perempuan
Jumlah
Ket
IX
6
14
20 Orang
-


Ruang III
Kelas
Laki –laki
Perempuan
Jumlah
Ket
IX
3

3 Orang
-





BAB III
JADWAL KEGIATAN

Agar penyelenggaraan Try Out  tahun pelajaran 2011/2012 dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan , maka jauh sebelumnya telah mengadakan persiapan yaitu dapat membuat surat keputusan tentang pembagian tugas yang disertai dengan  job Deskription.

Kemudian agar penyelenggaraannyadapat terarah dan tepat waktu maka perlu penyusunan jadwal kegiatan . Adapun Jadwal Kegiatan pelaksanaan Try Out  Tahun Pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri Satu Atap 1 Karangnunggal Sebagai berikut :

Jadwal Kegiatan Try Out
SMP Negeri Satu Atap 1 Karangnunggal
Tahun Ajaran 2011/2012
NO
Jenis Kegiatan
Waktu
Keterangan
1.     
Pembagian POKJA
04 Februari 2012
SK. Kep SEK
2.     
Menyusun data calon peserta Try Out
05 Februari 2012
Sekretaris
3.     
Penyusunan Program
07 Februari 2012
Sekretaris
4.     
Pemberesaan tempat
18-19 Februari 2012
POKJA
5.     
Pelaksanaan Try Out
20–23 Februari 2012
POKJA
6.     
Penyerahan Hasil Try Out  
23  Februari 2012
POKJA




BAB IV
PEMBIAYAAN



Karangnunggal,    Februari  2012
Bendahara,



Rinrin Mariana Sopyan S.Pd
Nuptk.














BAB V
PENUTUP

Suatu prosedur yang disusun secara terperinci sebelum kegiatan dilaksanakan akan sangat membantu kita dalam melaksanakan atau menentukan langkah-langkah selanjutnya, sehingga keseluruhan program dapat dilaksanakan. Selain itu dengan program yang disusun secara terperinci kita dapat mengkaji ulang pekerjaan yang didasarkan pada tingkat kronologi kepentingannya. Hal ini kita lakukan agar dapat menyusun segala prioritas dengan mengacu kepada kronologi kegiatan.

Dengan menggunakan program kerja sebagai pegangan dan pedoman dalam melaksanakan Try Out Tahun Pelajaran 2011/2012. Try Out dapat berjalan dengan baik, tertib, dan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan harapan yang ingin kita capai.












LAMPIRAN LAMPIRAN 













PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN
SMPN SATU ATAP 1 KARANGNUNGGAL
Kp Situgede Desa Cibatuireng Kec.Karangnunggal – Tasikmalaya
http://smpnsatuatap1karangnunggal.sch.id
KEPUTUSAN
KEPALA SMP NEGERI SATU ATAP 1 KARANGNUNGGAL
Nomor : 061.1/136/SMP SATAP1KRN/2012
TENTANG
PENETAPAN KELOMPOK KERJA TRY OUT 
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Menimbang
:
a.  Bahwa Try Out  merupakan kegiatan di sekolah yang  berfungsi untuk mengatur dan mengukur keberhasilan siswa   sesuai standar pendidikan .
b. Agar pelaksanaan Try Out tersebut dapat terlaksana dengan baik,                                         dipandang perlu untuk menetapkan kelompok kerja Try Out  Tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri Satu Atap 1 Karangnunggal.

M E M U T U S K A N
    Menetapkan
Pertama
:
Mengangkat nama-nama tersebut dibawah ini sebagai panitia penyelenggara Try Out Tahun  Pelajaran 2011/2012

No
No.Kode
Nama Nip/Nuptk
Pangkat /
Golongan
Jabatan
Dalam Dinas
Jabatan
Dalam Panitia

1
26-047-001
Aos Amirulloh Gaos,S,Pd
Nip19521211  197710 1 001
IVa
Kepala Sekolah
Penanggung Jawab

2
26-047-002
Karolin Sarmiati S,Pd
Nip. 198507082009032008
IIIa
Guru
Ketua  

3
26-047-011
Yudi Aziz Muslim   
Nuptk 1563 7636 6420 0033
-
Guru
Sekretaris

4
26-047-016
Rinrin Mariana Sopyan, S.Pd.
Nuptk.
-
Guru
Bendahara

5
26-047-013
Edyana
Nuptk 4833 7496 5120 0060
-
Guru
Anggota

6
26-047-004
Titim Fatimah
Nuptk.
-
Guru
Anggota


Kedua              : Segala biaya yang timbul akibat keputusan ini dibebankan kepada anggaran yang sesuai;
Ketiga              : Jika terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan diadakan  perbaikan sebagaimana mestinya;
Keempat        : Keputusan ini agar dilaksanakan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab;
Kelima            : Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai dengan tanggal  ditetapkan



Ditetapkan di   :  Karangnunggal
Pada tanggal   :     Februari  2012 
Kepala Sekolah,



Aos amirullah Gaos S.Pd  
Nip 195212111977101001

                                                                                 









3 komentar: